Senin, 02 April 2012

Gejala Sosial Dalam Masyarakat

Perubahan sosial dapat dikatakan sebagai suatu perubahan dari gejala-gejala sosial yang ada pada masyarakat, dari yang bersifat individual sampai yang lebih kompleks. Perubahan sosial dapat dilihat dari segi terganggunya kesinambungan diantara kesatuan sosial walaupun keadaannya relatif kecil. perubahan ini meliputi struktur, fungsi, nilai, norma, pranata, dan semua aspek yang dihasilkan dari interaksi antarmanusia, organisasi atau komunitas, termasuk perubahan dalam hal budaya.


contoh perubahan sosial yang terjadi:

#Berikut ini yang termasuk contoh perubahan cepat dan mendasar adalah#

* Penemuan alat-alat pertanian
bila dulu kita masih menggunakan tenaga manusia dan tenaga hewan, beda dengan sekarang masyarakat kita sudah banyak yang menggunakan mesin sebagai alat alat pertanian untuk bercocok tanam.

* ketenaga kerjaan / peran wanita
Bila dulu kita jarang menemui wanita yang terjun di kancah pemerintahan, saat ini sudah ada beberapa peranan penting di pemerintahan yang dipegang oleh wanita. Hal ini terjadi karena sudah banyak wanita yang mengenyam pendidikan yang lebih tinggi serta masyarakat sekarang lebih terbuka dan bisa menerima pemimpin wanita.

* Mode pakaian
dulu kita jarang menemukan model baju yang cocok tetapi beda dengan sekarang setelah berkembangnya jaman pakaian mode dulu dapat di pakai kembali sekarang karena mode pakaian dulu sangat menarik.

* Modernisasi
Bila sekitar 20 tahun yang lalu komunikasi antara manusia masih menggunakan surat, telegram, dll maka beberapa tahun belakangan ini hampir semua lapisan masyarakat telah menggunakan handpone sebagai alat komunikasi. SMS telah menggeser fungsi surat dan setahun terakhir ini SMS telah tergeser dengan trend BBM diantara pengguna blackberry

* Hokum pernikahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar