pengertian pemasaran atau marketing sering diartikan dengan penjualan, pengertian pemasaran sebenarnya lebih luas dari kegiatan penjualan. bahkan sebaliknya, penjualan adalah sebagian dari kegiatan pemasaran
tujuan kegiatan pemasaran bukanlah sederhana dan sepihak (untuk kepuasan konsumen saja). tetapi tujuan sebenarnya adalah demi kepentingan perusahaan juga. konsumen yang puas karena kebutuhannya terpenuhi akan merupakan pelanggan yang menguntungkan perusahaan
secara umum, pengertian pemasaran atau marketing adalah :
pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk menjalakan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikan melalui proses pertukaran agar memuaskan ko1nsumen dan mencapai tujuan perusahaan
UNSUR POKOK DALAM KEGIATAN PEMASARAN :
1. PEMASARAN
2. BARANG DAN JASA
3. PASAR
4. PROSES PERTUKARAN
lingkup pemasaran
1. pemasaran mikro-eksternal
2. pemasaran mikro-internal
3. pemasaran makro-eksternal
fungsi pemasaran universal
untuk melakukan pemasaran, pemasaran perlu melakukan kegiatan-kegiatan fungsional
fungsi-fungsi pemasaran tersebut ialah :
-pembelian -pengiriman -standarisasi
-penjualan -penyimpanan -klasifikasi
-pembungkusan -penanggungan resiko -pendanaan
-pengendalianinformasi
perkembangan konsep pemasaran
- konsep produksi
- konsep produk
- konsep pennjualan
- konsep pemasaran
- konsep pasar
referensi:
Buku dasar pemasaran seri diktat kuliah, Teguh Budiarto, universitas gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar