Rabu, 10 Oktober 2012

PENGERTIAN PEMASARAN
pengertian pemasaran atau marketing sering diartikan dengan penjualan, pengertian pemasaran sebenarnya lebih luas dari kegiatan penjualan. bahkan sebaliknya, penjualan adalah sebagian dari kegiatan pemasaran

tujuan kegiatan pemasaran bukanlah sederhana dan sepihak (untuk kepuasan konsumen saja). tetapi tujuan sebenarnya adalah demi kepentingan perusahaan juga. konsumen yang puas karena kebutuhannya terpenuhi akan merupakan pelanggan yang menguntungkan perusahaan

secara umum, pengertian pemasaran atau marketing adalah :
pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk menjalakan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikan melalui proses pertukaran agar memuaskan ko1nsumen dan mencapai tujuan perusahaan

UNSUR POKOK DALAM KEGIATAN PEMASARAN :
1. PEMASARAN
2. BARANG DAN JASA
3. PASAR
4. PROSES PERTUKARAN


lingkup pemasaran
1. pemasaran mikro-eksternal
2. pemasaran mikro-internal
3. pemasaran makro-eksternal

fungsi pemasaran universal
untuk melakukan pemasaran, pemasaran perlu melakukan kegiatan-kegiatan fungsional
fungsi-fungsi pemasaran tersebut ialah :
-pembelian                       -pengiriman                   -standarisasi
-penjualan                       -penyimpanan                -klasifikasi
-pembungkusan              -penanggungan resiko   -pendanaan
-pengendalianinformasi 

perkembangan konsep pemasaran
  • konsep produksi 
  • konsep produk
  • konsep pennjualan
  • konsep pemasaran
  • konsep pasar 

referensi:
Buku dasar pemasaran seri diktat kuliah, Teguh Budiarto, universitas gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar