Minggu, 16 Desember 2012

bab 5



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN
                Dari hasil penelitian dan pembahasan di atas dapatlah ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.       Hanya dimensi tangibles saja yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan dimensi reliability, resvonsiveness, assurance, empathy tiak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
2.       Secara simultan dimensi kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen
3.       Nilai R square (determinasi berganda) sebesar 0,351 atau 35,1% berarti variasi (naik turunnya) variabel bebas secara simultan berpengaruh sebesar 35,1% terhadap variasi (naik turunnya) kepuasan konsumen sedangkan sisanya sebesar 64,9% merupakan kontribusi variabel-variabel lainnya yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.
4.       Dimensi tangibles memberikan pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen sebesar 27,66%, responsibility memberikan peengaruh sebesar 1,90%, empathy memberikan pengaruh sebesar 1,17%, assurance memberikan pengaruh sebesar 0,42% dan reliability memberikan 0,13%.
SARAN
                Dari kesimpulan diatas maka dapat diajukan beberapa kebijaksanaan sebagai berikut :
1.       Dikarenakan hanya dimensi tangibles saja yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan , maka pelayanan harus semakin ditingkatkan
2.       Sampel penelitian ini sangat terbatas, oleh karena itu dalam penelitian selanjutnya sampel yang digunakan harus lebih banyak atau lebih besar dari penelitian ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar