BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN
Dari
hasil penelitian dan pembahasan di atas dapatlah ditarik kesimpulan sebagai
berikut :
1.
Hanya dimensi tangibles saja yang mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan dimensi
reliability, resvonsiveness, assurance, empathy tiak memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
2.
Secara simultan dimensi kualitas pelayanan
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen
3.
Nilai R square (determinasi berganda) sebesar
0,351 atau 35,1% berarti variasi (naik turunnya) variabel bebas secara simultan
berpengaruh sebesar 35,1% terhadap variasi (naik turunnya) kepuasan konsumen
sedangkan sisanya sebesar 64,9% merupakan kontribusi variabel-variabel lainnya
yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.
4.
Dimensi tangibles memberikan pengaruh yang
paling dominan terhadap kepuasan konsumen sebesar 27,66%, responsibility
memberikan peengaruh sebesar 1,90%, empathy memberikan pengaruh sebesar 1,17%,
assurance memberikan pengaruh sebesar 0,42% dan reliability memberikan 0,13%.
SARAN
Dari
kesimpulan diatas maka dapat diajukan beberapa kebijaksanaan sebagai berikut :
1.
Dikarenakan hanya dimensi tangibles saja yang
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan , maka pelayanan
harus semakin ditingkatkan
2.
Sampel penelitian ini sangat terbatas, oleh
karena itu dalam penelitian selanjutnya sampel yang digunakan harus lebih
banyak atau lebih besar dari penelitian ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar